Keberadaan Posbakum di PA Barabai

 

Keberadaan Posbakum di PA Barabai

Posbakum telah berjalan sejak 2010, namun baru 2018 PA Barabai mendapatkan anggaran dari Mahkamah Agung untuk mengelola Posbakum.

Pengadilan Agama Barabai bekerjasama dengan Fakultas Syariah IAIN Antasari Banjarmasin untuk membentuk Posbakum karena Posbakum merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi  dalam hal pengabdian kepada masyarakat yang memerlukan bantuan hukum. Posbakum akan ditangani oleh  Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Islam  yang saat ini telah berbadan hukum.

Pada tanggal 19 Januari 2018 telah dilaksanakan penandatanganan MoU, Kontrak kerja antara PA Barabai dengan LKBHI Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin dan penandatanganan surat perintah untuk memulai pekerjaan Petugas Posbakum dari LKBHI Fakultas Syariah dan Ekonomi  IAIN Antasari.

Dengan adanya pelayanan POSBAKUM pada tahun ini yaitu dari LKBH Fakultas Syari’ah UIN Antasari Banjarmasin, maka masyarakat pencari Keadilan bisa mendapatkan pelayanan berupa Konsultasi Hukum, pembuatan gugatan/permohonan, replik, duplik dan lain-lain secara gratis. Karena POSBAKUM adalah pilot proyek dalam program Peradilan Agama yakni JUSTICE FOR ALL atau keadilan bagi semua.

Ditambahkan adanya Posbakum ini diharapkan dalam rangka memberikan layanan hukum pada masyarakat pencari keadilan sehingga menjadi solusi bagi masyarakat yang rumah tangganya sedang bermasalah dengan mudah dan murah.