Seputar Peradilan

PIMPINAN PENGADILAN AGAMA BARABAI IKUTI ZOOM PEMBUKAAN KEGIATAN FIT AND PROPER TEST TAHUN 2023

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama pada hari Selasa 24 Januari 2024 mengadakan kegiatan Pembukaan Kegiatan Fit and Proper Test Calon Wakil Ketua Pengadilan Agama dan Mahkamah Syar’iyah Tahun 2023 yang diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Barabai YM. Hj. Nurul Hikmah S.Ag., M.H dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Barabai YM. Dr. H. Muhammad Najmi Fajri, S.H.I, M.H.I. Acara ini diikuti oleh seluruh pimpinan Pengadilan Agama dan Mahkamah Syar’iyah seluruh Indonesia dan Calon Peserta Fit and Proper Test Tahun 2023. Dalam Laporan Panitia, Dr. Sultan, S.Ag., S.H., M.H, Kasubdit Mutasi Hakim Peradilan Agama, mengatakan bahwa alasan utama pelaksanaan Fit and Proper Test atau Uji Kepatutan dan Kelayakan pada tahun ini disegerakan dan hanya memanggil Calon Wakil Ketua Kelas IA yaitu untuk mengisi kekosongan jabatan pimpinan dan untuk memenuhi harapan alumni Uji Kepatutan dan Kelayakan Tahun 2022.

Mengenai kekosongan jabatan pimpinan yang ada pada saat ini adalah sejumlah 24 Wakil Ketua dan 2 Ketua. Kemudian sepanjang Tahun 2023 akan disusul kekosongan 7 Ketua yang disebabkan oleh pensiun. Jumlah kekosongan jabatan pimpinan ini dapat terus bertambah seiring dengan potensi adanya promosi Pimpinan Pengadilan Kelas IA menjadi Hakim Tinggi. Karena itu perlu diadakan Uji Kepatutan dan Kelayakan dalam rangka mengisi kekosongan jabatan pimpinan di Pengadilan Kelas IA. Beliau juga menjelaskan bahwa tujuan kegiatan Uji Kepatutan dan Kelayakan ini adalah untuk mengukur kemampuan peserta. Harapannya adalah dari kegiatan ini dapat menghasilkan Wakil Ketua yang profesional, berkualitas dan berintegritas tinggi. Kegiatan ini akan diikuti oleh 51 Calon Peserta. Calon Peserta akan diuji oleh 8 Penguji yang terdiri Wakil Ketua MA Bidang Non Yudisial, 3 Ketua Kamar, 2 Hakim Agung dan lain-lain.

Acara ini turut dihadiri oleh Dirjen Badilag, YM Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H sekaligus berperan membuka secara resmi kegiatan Uji Kepatutan dan Kelayakan Calon Wakil Ketua Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Kelas IA. Dalam sambutan, beliau mengatakan bahwa 51 Calon Peserta yang dipanggil merupakan Calon Pemimpin yang memenuhi kualifikasi dan dipilih dari satker berprestasi. Beliau juga menyampaikan bahwa Badilag sangat serius dalam menilai seluruh kegiatan yang dilakukan oleh seluruh Pengadilan Tingkat Pertama. Beliau berharap para pemimpin kedepannya dapat menunjukkan bahwa kita mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.