Seputar Peradilan

Pegawai Pengadilan Agama Barabai Ikuti Ujian Dinas Elektronik

Sesuai dengan surat edaran Nomor 159/Bua.2/Kp.04.1/9/2018 tanggal 18 September 2018 tentang Pelaksanaan Ujian Dinas Elektronik (e-Exam) pada Mahkamah Agung RI tahun 2018 Periode ke Dua yang 2 (dua) orang pesertanya adalah pegawai Pengadilan Agama Barabai yakni Muhamamd Yusuf, S.H (Kasubag Kepegawaian dan Ortala) dan Nur Hilaliah, S. Ag (Panitera Muda Gugatan), maka Rabu tanggal 23 Januari 2019 bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Barabai dilangsungkan ujian Dinas online tersebut.

Sebelum ujian di mulai Ketua Pengadilan Agama Barabai Drs. H. Pahrur Raji, M.H.I memberikan motivasi serta semangat kepada peserta ujian agar mengikuti ujian dengan sungguh-sungguh serta tidak lupa berdoa.

Ujian yang dimulai sejak pukul 10.00-14.00 wita tersebut  diawasi oleh 2 (dua) orang pengawan yakni Drs. H. Pahrur Raji, M.H.I (Ketua pengadilan Agama Barabai) dan H, M. Taufiq H.M.,S.H (Hakim). Pokok yang diujikan terdiri dari 13 materi, yaitu :

  1. Pancasila
  2. Undang-Undang Dasar 1945
  3. RPJM/RPJP
  4. Peraturan Perundang-undangan di bidang Kepegawaian
  5. KORPRI
  6. Teori Kepemimpinan
  7. Fungsi Manajemen
  8. Tugas Pokok Fungsi, Struktur Organisasi dan Tata Kerja Instansi Mahkamah Agung
  9. Pengetahuan Mengenai Substansi Instansi 
  10. Bahasa Indonesia
  11. Sejarah Indonesia
  12. Perkembangan Politik dalam Negeri, Ekonomi dan Pembangunan.
  13. Perkembangan Politik Luar Negeri Terutama Kerjasama Negara-negara yang tergabung dalam ASEAN

            Masing-masing materi terdiri dari 10 soal yang berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan setiap peserta diberi waktu pengerjaan soal selama 180 menit untuk semua materi ujian, dimulai dari peserta mulai mengerjakan soal ujian pertama kali.