Seputar Peradilan

BPDB KABUPATEN HST BERIKAN SOSIALISASI TANGGAP BENCANA

Barabai (16/03/2022) – Kecamatan Barabai merupakan salah satu wilayah di Kabupaten HTS yang terletak di daerah dataran rendah. Selain itu, Kabupaten HST juga memiliki kuantitas curah hujan yang tinggi dan apabila turun hujan lebat sering kali meangkibatkan luapan sungai dan terjadi banjir. Terbukti selama tahun 2021 kemarin, Kabupaten HST mengalami setidaknya 5 kali banjir dan yang terparah terjadi bulan Januari 2022 yang berdampak sangat besar bagi Kabupaten HST termasuk PA Barabai.

Pada banjir bulan Januari 2021, beberapa sarana dan prasarana PA Barabai ikut terkena imas banjir seperti 3 buah mobil dinas dan mesin genset, serta area halaman dan parkir yang tertutup lumpur. Berkaca dari pengalaman itulah, PA Barabai mengadakan kegiatan sosialisasi tanggap kebencanaan bekerjasama dengan BPDB Kabupaten HST.

Kegiatan dimulai pada pukul 14.30 WITA bertempat di ruang sidang I dengan dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, seluruh karyawan-karyawati PA Barabai termasuk PPNPN dan Posbakum serta Kepala BDPD Kabupaten HST Bapak H. Budi S.Kep.Sos., M.M. dan seluruh jajarannya.

Diawali sambutan oleh Ketua PA Barabai Dra. Hj. Nor Asiah yang menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Kepala BDPD HST beserta rombongan yang telah berkenan memenuhi undangan memberikan sosialisasi bagi warga PA Barabai.

Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh tim tanggap bencana BPDB Kabupaten HST memberikan informasi mengenai berbagai jenis kondisi bencana termasuk banjir dan kebakaran yang kerap terjadi di wilayah HST. Selian itu beliau menjelaskan tentang tindakan dan langkah awal saat menghadapi situasi bencana termasuk penanganan terhadap korban bencana.

Setelah materi didalam ruangan, dilanjutkan dengan kegiatan simulasi saat terjadi bencana kebakaran, teknis penanganan korban yang terhirup asap, tata cara penggunaan APAR (alat pemadam api ringan) serta pemberian bantuan bagi korban yang terseret arus banjir.

Semoga dengan terselenggaranya sosialisasi ini dapat memberikan edukasi dan pemahaman serta menambah pengetahuan bagi aparatur PA Barabai tentang penanganan situasi saat terjadi bencana.