Seputar Peradilan

PA Barabai Fasilitasi Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua PA Temanggung

 

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 127/KMA/SK/IV/2021 tanggal 22 Juni 2021 tentang Promosi dan Mutasi Hakim di Lingkungan Peradilan Agama yaitu Wakil Ketua Pengadilan Agama Barabai Kelas IB Yusri, S.Ag., M.H. mendapatkan promosi dan mutasi menjadi Ketua Pengadilan Agama Temanggung Kelas IB.

Sejatinya Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan akan dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Agama Semarang. Namun  dengan diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Pulau Jawa secara Umum dan di Wilayah Provinsi Jawa Tengah secara Khusus, sehingga menyebabkan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan secara langsung tidak dapat dilaksanakan.

Oleh karena itu, Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengirimkan surat permintaan ke Pengadilan Agama Barabai untuk pelaksanaan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan secara Daring terhadap Bapak Yusri, S.Ag., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Temanggung.

Memenuhi surat permintaan tersebut, Pengadilan Agama Barabai telah menyiapkan segala perlengkapan pendukung untuk memfasilitasi kegiatan tersebut pada tanggal 13 Juli 2021 yang dilaksanakan di Ruang Media Center PA Barabai.

Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Pengadilan Tinggi Agama Semarang dimulai sekitar pukul 11.00 WITA. Pada kesempatan tersebut, Ketua PTA Semarang tidak hanya melantik Ketua PA Temanggung, namun akan melantik 10 orang Pimpinan Pengadilan Agama, yaitu Ketua PA Temanggung, Ketua PA Demak, Ketua PA Boyolali, Ketua PA Kebumen, Ketua PA Pemalang, Ketua PA Wonosobo, Ketua PA Jepara, Ketua PA Magelang, Ketua PA Sukoharjo dan Ketua PA Mungkid.

 

Setelah selesai Proses Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan, dilanjutkan oleh Serah Terima Jabatan Ketua yang dilakukan oleh Ketua PA Barabai Drs. H.Parhanuddin mewakili Ketua PA Temanggung Kelas IB yang lama Antoni Said, S.Ag. untuk prosesi Serah Terima Jabatan kepada Yusri, S.Ag., M.H. sebagai Ketua PA Temanggung Kelas IB yang baru.