Seputar Peradilan

PA Barabai Dukung Upaya Penurunan Perkawinan Anak

Rabu (29/09/2021) Wakil Ketua PA Barabai Ahmad Padli, S.Ag., M.H. menghadiri kegiatan Monitoring Pencegahan Perkawinan Anak 13 Kabupaten/Kota Tahun 2021 yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WITA di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka sebagai tindak lanjut Surat Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 263/00874/DPPPA tentang Percepatan Pencegahan Perkawinan Anak pada Usia Anak tanggal 21 Juni 2021. Dihadiri oleh SOPD (Struktur Organisasi Perangkat Daerah) terkait se Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Perwakilan Kecamatan, PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dan Organisasi terkait Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan.

Tak sekedar hadir, Wakil Ketua PA Barabai Ahmad Padli, S.Ag., M.H. mendapat kesempatan menyampaikan materi tentang upaya yang diambil dalam menekan jumlah perkawinan anak yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Salah satunya adalah dengan memperketat persyaratan pengajuan permohonan Dispensasi Kawin sebagaimana diatur PERMA no 5 tahun 2019 tentang pedoman mengadili perkara Dispensasi Kawin.

PA Barabai sendiri pada tahun 2020 telah menerima 58 pengajuan perkara Dispensasi Kawin, sedangkan untuk tahun 2021 sampai dengan bulan September 2021 ini sudah 68 perkara permohonan Dispensasi Kawin yang tercatat dalam  register penerimaan perkara PA Barabai.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua PA Barabai juga berharap dukungan seluruh stakeholder di Kabupaten Hulu Sungai Tengah bersama-sama melakukan upaya pencegahan terhadap Perkawinan Dini di Wilayah Hulu Sungai Tengah.